Follow me :

Selasa, 28 September 2010

BAB1 (Tugas Metode Riset)

PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan kita, perkembangan teknologi melaju
dengan pesat. Dalam memasuki era globalisasi, semakin banyak teknologi yang dapat
mempermudah manusia dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan. Kemajuan
dibidang transportasi, komunikasi, kesehatan, pendidikan, dan bidang lainnya
merupakan beberapa contoh bahwa kita semakin memerlukan teknologi dalamkehidupan ini. Dengan demikian, tidak diragukan lagi peranan teknologi dalam
kehidupan manusia.
Saat ini, dunia telah mengenal suatu teknologi yang dinamakan internet. Melalui
internet, semua orang dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada di berbagai
belahan dunia. Melalui media ini pula mereka dapat memperoleh dan menyampaikan
berbagai informasi yang dibutuhkan kapan dan dimana saja. Dengan adanya jaringan
global, internet dapat diakses 24 jam sehari. Begitu memerlukan informasi tertentu,
dalam hitungan detik kita dapat memperolehnya hanya dengan cara mengakses internet.
Dapat dibayangkan betapa besarnya peranan media internet dalam kehidupan kita.
Internet tidak hanya dapat digunakan dalam mencari informasi saja, Media internet juga digunakan oleh berbagai kalangan dalam melakukan usaha
bisnisnya melalui pembangunan Situs sebagai media promosi tentang bisnis yang
dijalankannya.
Beberapa saat terakhir ini banyak sekali Warnet (Warung internet) bermunculan, mulai dari desa hingga perkotaan, Warnet menjadi suatu jasa yang paling di butuhkan oleh orang banyak saat ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun gemar memakai jasa Warnet, tentunya dengan keperluannya masing-masing dalam menggunakkan internet.

MASALAH PENELITIAN
Sebelum memutuskan untuk memilih Warnet konsumen menilai fasilitas yang ada pada Warnet. Jika fasilitas yang diinginkan pada Warnet tersebut diketahui secara tepat maka pemilik Warnet dapat Menyediakan fasilitas Warnet sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Yang menjadi permasalahan, adalah seberapa besar tingkat kepentingan fasilitas yang menimbulkan kecenderungan minat konsumen dalam memakai jasa Warnet.

BATASAN MASALAH
Secara umum, pengguna jasa Warnet dapat dibedakan menjadi dua kategori sebagai berikut:
1.) Pengguna yang menggunakan jasa Warnet untuk browsing intenet
2.) Pengguna yang menggunakan jasa Warnet untuk game online
3.) Pengguna yang menggunakan jasa Warnet untuk pengetikan/tugas
Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kecendrungan minat konsumen dalam memakai jasa warnet, maka penilitian akan di fokuskan pada kategori pertama dan kedua saja, dan hanya warnet di daerah bekasi saja.

TUJUAN PENELITIAN
Secara umum, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kecenderungan perilaku konsumen dalam memilih Warnet. Secara khusus yang menjadi tujuan penelitian, yaitu:
1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan kecenderungan minat konsumen
dalam memilih jasa Warnet,
2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang dominan yang menimbulkan kecenderungan minat konsumen dalam memilih jasa Warnet.

KERANGKA PEMIKIRAN
(a) Ujianto Abdurachman (2004) melakukan penelitian yang berjudul Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli
Konsumen Sarung, menyimpulkan bahwa Faktor-faktor yang menimbulkan minat beli konsumen terhadap produk sarung adalah
Faktor Kualitas, 24,30 %, terdiri dari jahitan kuat dan rapi, tidak mudah pudar dan luntur,
tidak mudah kusut, nyaman dipakai, awet dan tidak mudah koyak, motif kotak-kotak,
kainnya halus, pilihannya lengkap. Faktor Acuan, 18,55 %, terdiri dari: pejabat terkenal,
bintang film yang cakep, ulama / kyai / tokoh idola, sarung yang tebal, anggota keluarga,
teman kolega. Faktor Merek dan Warna 7,95 % terdiri dari: pertimbangan merek, merek
terkenal, merek tertentu, mempertimbangkan tempat pembelian, membeli ditempat terkenal,
kombinasi warna yang cemerlang, harga yang sebanding dengan kualitasnya. Faktor
Kemasan dan Harga 5,89 % terdiri dari: manfaat kemasan, bentuk dan desain kemasan,
bahan kemasannya tahan lama, membanding-bandingkan harga, harga dasarnya murah.
Faktor Diskon dan Hadiah tingkat kepentingan 4,96 % terdiri dari: mendapatkan discount
harga, pembelian berhadiah. Faktor Ketersediaan 4,44 % terdiri dari satu variabel saja,
yaitu : membeli di toko / pasar terdekat.

(b) Lia Natalia (2007) melakukan penelitian yang berjudul Analisis Faktor Persepsi Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Berbelanja Pada Giant Hypermarkett Bekasi, menyimpulkan bahwa Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel lokasi, kelengkapan produk, kualitas produk, harga, pelayanan, kenyamanan berbelanja dan promosi berpengaruh terhadap minat konsumen untuk berbelanja. Variabel lokasi, kelengkapan produk, kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap minat konsumen untuk berbelanja, sedangkan variabel pelayanan dan kenyamanan berbelanja tidak berpengaruhterhadap minat konsumen untuk berbelanja. Sedangkan variabel yang paling dominan terhadap minat konsumen untuk berbelanja adalah promosi.
Tentunya hal ini memberikan implikasi manajerial yang penting pada pihak manajemen bisnis eceran untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi minat konsumen untuk berbelanja. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya agar memperbanyak variabel atau menambah jumlah responden agar hasil penelitian lebih akurat, serta membandingkan dua atau lebih ritel yang diteliti agar tampak ritel mana yang paling diminati dan dari segi apa konsumen lebih meminati ritel tersebut. Untuk variabel pelayanan dan kenyaman tempat berbelanja sebaiknya tidak digunakan untuk melakukan penelitian karena kedua variabel tersebut tidak memengaruhi minat konsumen untuk berbelanja, kecuali jika peneliti ingin membandingkan dua atau lebih objek penelitian.

(c) Ritawati Tedjakusuma, Sri Hartini, Muryani (2001) melakukan penelitian yang berjudul Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Air Minum Mineral Di Kotamadya Surabaya, menyimpulkan bahwa Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian air minum
mineral
Analisis hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel-variabel secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen. Ini bisa dilihat
dari nilai Fh (34,677) lebih besar dari Ft (= 2,14).
Hubungan antara variabel-variabel bebas terhadap variabel tergantung
menunjukkan hubungan yang erat (72,03%). Koefisien determinasi berganda sebesar
51,88% menunjukkan bahwa perilaku konsumen dijelaskan oleh pendidikan,
penghasilan, harga, kualitas, distribusi dan promosi sebesar 51,88%. Sedangkan
48,12% ditentukan oleh variabel diluar model.
Tingginya pengaruh di luar model karena benyaknya sebab faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen (pembelian ulang) yaitu: (a) faktor sosial, budaya; (b) Faktor referensi (misal keluarga, teman); (c) Faktor psikologis, (motivasi,
sikap, kebudayaan, persepsi); (d) Kepuasan di masa lalu.



JUDUL
Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Warnet
(Studi Perilaku Konsumen Warnet di Bekasi)

0 komentar:

Posting Komentar